Unit Komputer (system unit)
Unit komputer (system unit) adalah suatu tempat yang di dalamnya terdapat
komponen—komponen elektronik dari suatu komputer dan digunakan untuk memproses
data. Pada komputer dekstop, kebanyakan media penyimpanan adalah bagian dari
komputer. Pada komputer notebook,
keyboard dan perangkat penunjuk biasanya sering menempati bagian atas dari
komputer, dan layar menempel pada
komputer dengan menggunakan engsel. Pada perangkat bergerak sering kali
dibuat menjadi bagian dari komputer pada konsul permainan genggam dan pemutar
musik digital, sebaliknya,
kesamaan komputernya mencakup perangkat input dan layar tampilan. Komponen—komponen elektronik dan sirkuit dari pada computer, seperti prosesor, dan memori biasanya bagian dari papan sirkuit atau biasa disebut motherboard yaitu papan sirkut utama dari suatu komputer.
kesamaan komputernya mencakup perangkat input dan layar tampilan. Komponen—komponen elektronik dan sirkuit dari pada computer, seperti prosesor, dan memori biasanya bagian dari papan sirkuit atau biasa disebut motherboard yaitu papan sirkut utama dari suatu komputer.
Prosesor
(processor) atau disebut juga
Centeral Processing Unit (CPU) mengintepresikan dan melaksanakan perintah
perintah dasar yang mengoperasikan komputer. Prosesor memiliki unit kontrol (control unit) yang mengarahkan dan
mengordinasikan sebagian besar operasi dalam komputer serta Aritmetich Logic Unit (ALU) yang melakukan operasi
arimatika, perbandingan, dan operasi—operasi lainnya. Siklus mesin adalah rangkaina
yang terdiri atas empat operasi
dasar—pengambilan, penerjemahan kode, eksekusi dan penyimpanan—yang diulang
oleh penyimpanan prosesor setiap kali melaksanakan perintah. Unit kontrol
mengambil perintah—perintah dan data dari memori, mengubah perintah yang dapat
dieksekusikan oleh komputer. ALU mengeksekusi perintrah—perintah, dan hasilnya
disimpan pada memori.
Memory
Memori
terdiri atas komponen—komponen elektronik yang menyimpan perintah—perintah yang
menunggu untuk dieksekusi oleh prosesor, data yang perlu diperlukan oleh
instruksi—instruksi tersebut, dan hasil dari data—data yang diproses
(informasi).
Memori mempunyai
kategori dasar system informasi dan piranti lunak lainnya yang mengendalikan
atau memelihara computer dan perangkat—perangkatnya, program—program aplikasi
yang melaksanakan pekerjaan spesifik seperti pemmrosesan kata, dan data yang
sedang diproses oleh program—program aplikasi dan informasi yang dihasilkan.
Bit dan Addres Memory
Kebanyakan komputer adalah digital dan hanya mengenal dua status
diskrit: mati dan menyala. Untuk mewakilim kedua status ini, komputer
menggunakan sistem biner (binary system),
yaitu sistem nomor yang hanya memiliki dua digit unik 0— ( Untuk mati) dan
1 (untuk menyala) –dikenal sebagai bit. Sebuah bit adalah unit data terkecil
yang dapat diproses oleh komputer. Dikelompokan sebagai sebuah satuan, 8 bit
membentuk bita (byte) yang dapat mneyediakan kombinasi yang berbeda yang cukup
dari 0 dan 1 untuk mewakili 256 karekter unik. Kombinasi didevinisikan oleh
pola—pola yang dikenal sebagai skema pengodean seperti ASCIL dan EBCDIC
Jenis—jenis
Memori
Komputer
memiliki memori volatil dan nonvolatil. Memori volatil (volatile memory) kehilangan isinya ketika komputer dimatikan.
Memori nonvilatil (nonvolatil memory) tidak
kehilangan isinya ketika daya komputer dimatikan. RAM adalah jenis yang paling
umum dari memori volatil. ROM, memori falsh, dan CMOS adalah contoh dari memori
nonvolatif. RAM terdiri atas cip—cip memori yang dapat dibaca atau ditulis oleh
prosesor dan perangkat—perangkat lainnya. ROM adalah cip—cip memori yang
menyimpan data dan perintah secara permanent serta biasanya tidak dapat diubah.
Memori falsh dapat dihapus dan ditulis secara elektronik. Teknologi COMS
menggunakan daya baterai untuk mempertahankan informasinya.
1). Read Only Memory (ROM), yaitu memory yang
hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus, dan sudah diisi oleh
pabrik pembuat komputer
2).
Random Access Memory (RAM), adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM
berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power
on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan
hilang. RAM bertujuan untuk mempercepat pemrosesan data pada kompute
Slot
Ekspansi dan Adapter Card
Slot ekspansi (ekspansi slot) merupakan suatu dudukan
pada motherboard yang dapat menerima
adapter card. Adapter card merupakan
papan sirkuit yang meningkatkan fungsi—fungsi dari komponen satu ke komponen
dan/atau menyediakan koneksi ke pariferal seperti modem, disk drive, printer,
pemindai, atau keyboard
Port dan Konektor
Port
adalah titik dimana pariferal menempel atau berkomunikasi dengan komputer sehingga pariferal dapat mengirim data atau
menerima informasi dari komputer. Port serial (serial port) yang mengirimkan data satu bit demi satu bit biasanya
menghubungkan perangkat—perangkat yang tidak memerlukan transmisi data yang
cepat, seperti mouse, keyboad, dan modem. Port pararel (parallel port) yang mengirim lebih dari satu bit dalam satu waktu,
biasanya menghubungkan printer ke komputer. Port USB (USB Port) dapat menghubungkan sampai 127 periferal yang berbeda
dengan sebuah konektor. Prot fire Wire (Fire
Wire Port) dapat menghubungkan berbagai jenis perangkat yang membutuhkan
kecepatan transmisi data yang lebih cepat. Empat port khusus adalah MIDI, SCSI,
IrDA, dan bluetooth. Port MIDI (MIDI
Port) menghubungkan komputer dengan instrumen musik. Port SCSI (SCSI port) menghubungkan komputer dengan
feriferal SCSI, seperti disk drive. Port IrDA (IrDA port) dan teknologi
bluetooth memungkinkan perangkat—perangkat nirkabel untuk nmengirim sinyal ke
komputer melalui gelombang cahaya infra merah atau gelombang radio.
Bus
Bus adalah jalur
elektronik di mana bit—bit bergerak dalam sirkuit dalam komputer memungkinkan
perangkat—perangkat, baik di dalam dan yang menempel pada komputer, untuk
berkomunikasi. Ukuram bus disebut lebar bus, semakin besar lebar bus semakin
cepat komputer memindahkan data.
Input dan Output
Input
Input
adalah semua data data dan perintah yang dimasukan kedalam komputer. Sebuah
perangkat input (input device) adalah komponen peranti keras yang memungkinkan
pengguna memasukan data dan perintah ke dalam
komputer.
1. Keyboard dan Perangkat Penunjuk
a. Keyboard
Keyboard adalah
perangkat input yang yang berisi tombol—tombol yang ditekan penggunanya untuk
memasukan data dan perintah ke komputer. Keyboard komputer memiliki bidang
ketik yang menyertakan huruf—huruf, angka, tanda—tanda baca serta simbol—simbol
dasar lainnya.
b Alat
Penunjuk
·
Mause adalah sebuag
perangkat yang dapat dipegang dengan nyaman.
· Trackball adalah
perangkat petunjuk tidak bergerak dengan bola yang Anda putar untuk menggerakan
petunjuk tersebut.
· Tauchpad adalah sebuah
bidang datar yang pekah terhadap tekanan dan cara penggunaannya adalah dengan
menggeserkan ujung jari untuk menggerakan petunjuk.
· Pointing stick adalah
sebuah perangkat petunjuk yang di tempatkan pada sebuah keyboard dan didong untuk menggerakannya.
· Joystick adalah tuas
vertikal yang Anda gerakan untuk mengendalikan kendaraan yang disimulasikan.
·
Wheel adalah perangkat
input berjenis roda kemudian diputar untuk melakukan simulasi menyetir
kendaraan.
· Control pad pemutar
auydio adalah perangkat penunjuk yang memungkinkan pengguna mencari dan memutar
musik, menyesuaikan volume, dan melakukan pengaturan.
·
Gamepad (controller)
adalah perangkat ppenunjuk yang mengendelakan gerakan dan tindakan dari para
pemain atau objek dalam permainan.
·
Light pen adalah
perangkat pekah terhadap cahaya yang ditekan pada permukaan layar atau pada layar untuk memilih objek.
·
Layar sentuh (tauch
screen) adalah perangkat yang pekah terhadap sentuhan.
·
Stylus dan digitak pen
menggunakan tekanan untuk menulis teks dan menarik garis.
![]() |
Add caption |
![]() | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Add caption |
Jenis—Jenis
Input lainnya
· Input suara (voice input) adalah proses melakukan input dengan berbicara
- Kamera digital (digital camera) memungkinkan penggunanya mengambil gambar, menympan gambar tersebut secara digita, dan mengunduh ganbar ke hard disk komputer.
- Input video (video input) dalah proses pengambilan ganbar bergerak dan penyimpanannya pada media komputer
- Kamera video digital (digital video—DV—camera), kamera video PC (PC video camera) dan webcam digunakan untuk input video.
- Pemindai (scener) adalah perangkat input yang pekah cahaya yang membaca teks dan grafis cetakan serta menerjemahkan hasilnya kedalam bentuk yang dapat diproses komputer.
- Perangkat karaktek optik (optical carakter recognition—OCR) menggunakan sebuah pemindai optik dan peranti lunak untuk menganalisis karakter dari doikumen biasa.
- Peralatan pengenalan tanda optik (optical mark reconigtion—OMR) membaca tanda—tanda yang digambar dengan tanda pada formulir.
- Pembaca bar kode (bar code reader) menggunakan sinar laser untun membaca bar code.
- Pembaca RFID (RFID readder) membaca informasi yang tersimpan pada label yang melalui gelombang radio.
- Pembaca MICR—MICR reader (pengenalan karakter tinta mengetik) membaca teks yang dicetak dengan tinta mengetik
- Terminal terdiri atas keyboard, monitor, video card, dan memori, dan sering digunakan untuk menjalankan tugas spesifik bagi industri tertentu.
- Biometrik (biometrics) adalah teknologi otentikasi identitas seseorang dengan pembuktian karakteristik fisik tertentu, contohnya sidik jari, tanda tangan.
·
·
Perangkat
Output (output device)
Output adalah data yang
telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya, komputer memproses
data (input) menjadi informasi (output). Perangkat output (output device)
adalah semua komponen peranti keras yang mempunyai informasi kepada
orang—orang. Perangkat output yang sering digunakan adalah perangkat tampilan:
printer, pengeras suara, headphone dan earphone; mesin fax dan modem; pariferal
fungi; serta proyektor data.
Perangkat
Tampilan
Perangkat Tampilan (display device) adalah perangkat output
yang menyampaikan informasi teks, grafis, dan video secara visual. Komputer
menggunakan sebuah monitor sebagai perangkat tampilannya.
Jenis—jenis
monitor
1. Monitor
LCD (LCD monitor) atau layar datar adalah sebuah perangkat tampilan yang
menggunakan teknologi liquid display, senyawa cair untuk menampilkan informasi
pada layar.
2. Monitor plasma (plasma
monitor) adalah sebuah perangkat tampilan yang menggunakan teknologi plasma
gas, dimna suatu lapisan plasma diapit oleh dua piringan kaca.
3. Monitor
CRT (CRT monitor) adalah
perangkat tampilan dekstop yang berisi tabung sinar katoda.
Printer
Printer adalah
perangkat output yang menghasilkan teks dan grafis pada sebua media fisik,
seperti kertas atau film transparansi.
Jenis—jenis
printer
1.
Printer tanpa sentuh (nonimpact printer) membentuk karakter
dan gambar tanpa menyentuh kertas.
2.
Printer ink—jek (ink—jet printer) membentuk karakter dan
gambar dan menyemprotkan butir—butir tintah yamng sangat kecil ke lembar
kertas.
3.
Printer foto (photo
printer) menghasilkan gambar yang berkualitas laboratorium foto.
4. Printer laser (laser printer) adalah printer yang
berkecapatan dan berkualitas tinggi yang cara pengoperasiannya mirip dengan
fotokopi.
5. Printer termal (thermal printer) menghasilkan ganbar
dengan mendorong jarum yang dipanaskan secara elektrik keatas kertas yang pekah
terhadap panas.
6. Printer mobile (mobile printer) adalah printer kecil,
ringan, dan bertenaga baterai, yang digunakan untuk mencetak dari komputer
notebook, tablet PC, PDA, atau smart phone. Ploter digunakan untuk meng hasilkan gambar yang berkualitas
tinggi dalam bidang—bidang tertentu.
7. Printer format besar (large-format printer) menciptakan
cetakan warna yang berukuran besar dan berkualitas foto yang berkualitas foto
dan realitas.
8. Printer sentuh ( inpact printer) membentuk karakter
gambar dengan membentuk sebuah alat pada
pita berinta secaara fisik bersentuhan dengan kertas.
9. Printer dot-matrix (dot-matrix printer) adalah printer
sentuh yang menghasilakan gambar ketika jarum—jarum kawat yanfg sangat kecil
pada sebuah print head membentur pita bertinta.
0 komentar:
Posting Komentar