Kamis, 24 November 2011

Unit Komputer (system UnitI

Unit Komputer (system unit)

Unit komputer (system unit) adalah suatu tempat yang di dalamnya terdapat komponen—komponen elektronik dari suatu komputer dan digunakan untuk memproses data. Pada komputer dekstop, kebanyakan media penyimpanan adalah bagian dari komputer. Pada komputer notebook, keyboard dan perangkat penunjuk biasanya sering menempati bagian atas dari komputer, dan layar menempel pada  komputer dengan menggunakan engsel. Pada perangkat bergerak sering kali dibuat menjadi bagian dari komputer pada konsul permainan genggam dan pemutar musik digital, sebaliknya,
kesamaan komputernya mencakup perangkat input dan layar tampilan. Komponen—komponen elektronik dan sirkuit dari pada computer, seperti prosesor, dan memori biasanya bagian dari papan sirkuit atau biasa disebut motherboard yaitu papan sirkut utama dari suatu  komputer.



Prosesor
Prosesor (processor) atau disebut juga Centeral Processing Unit (CPU) mengintepresikan dan melaksanakan perintah perintah dasar yang mengoperasikan komputer. Prosesor memiliki unit kontrol (control unit) yang mengarahkan dan mengordinasikan sebagian besar operasi dalam komputer serta Aritmetich  Logic Unit (ALU) yang melakukan operasi arimatika, perbandingan, dan operasi—operasi lainnya. Siklus mesin adalah rangkaina yang  terdiri atas empat operasi dasar—pengambilan, penerjemahan kode, eksekusi dan penyimpanan—yang diulang oleh penyimpanan prosesor setiap kali melaksanakan perintah. Unit kontrol mengambil perintah—perintah dan data dari memori, mengubah perintah yang dapat dieksekusikan oleh komputer. ALU mengeksekusi perintrah—perintah, dan hasilnya disimpan pada memori.











Memory
     Memori terdiri atas komponen—komponen elektronik yang menyimpan perintah—perintah yang menunggu untuk dieksekusi oleh prosesor, data yang perlu diperlukan oleh instruksi—instruksi tersebut, dan hasil dari data—data yang diproses (informasi).
Memori mempunyai kategori dasar system informasi dan piranti lunak lainnya yang mengendalikan atau memelihara computer dan perangkat—perangkatnya, program—program aplikasi yang melaksanakan pekerjaan spesifik seperti pemmrosesan kata, dan data yang sedang diproses oleh program—program aplikasi dan informasi yang dihasilkan.

 












Bit dan Addres Memory
         Kebanyakan komputer  adalah digital dan hanya mengenal dua status diskrit: mati dan menyala. Untuk mewakilim kedua status ini, komputer menggunakan sistem biner (binary system), yaitu sistem nomor yang hanya memiliki dua digit unik 0— ( Untuk mati) dan 1 (untuk menyala) –dikenal sebagai bit. Sebuah bit adalah unit data terkecil yang dapat diproses oleh komputer. Dikelompokan sebagai sebuah satuan, 8 bit membentuk bita (byte) yang dapat mneyediakan kombinasi yang berbeda yang cukup dari 0 dan 1 untuk mewakili 256 karekter unik. Kombinasi didevinisikan oleh pola—pola yang dikenal sebagai skema pengodean seperti ASCIL dan EBCDIC













 
Jenis—jenis Memori
Komputer memiliki memori volatil dan nonvolatil. Memori volatil (volatile memory) kehilangan isinya ketika komputer dimatikan. Memori nonvilatil (nonvolatil memory) tidak kehilangan isinya ketika daya komputer dimatikan. RAM adalah jenis yang paling umum dari memori volatil. ROM, memori falsh, dan CMOS adalah contoh dari memori nonvolatif. RAM terdiri atas cip—cip memori yang dapat dibaca atau ditulis oleh prosesor dan perangkat—perangkat lainnya. ROM adalah cip—cip memori yang menyimpan data dan perintah secara permanent serta biasanya tidak dapat diubah. Memori falsh dapat dihapus dan ditulis secara elektronik. Teknologi COMS menggunakan daya baterai untuk mempertahankan informasinya.
1). Read Only Memory (ROM), yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus, dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer
2). Random Access Memory (RAM), adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. RAM bertujuan untuk mempercepat pemrosesan data pada kompute

Slot Ekspansi dan Adapter Card
           Slot ekspansi (ekspansi slot) merupakan suatu dudukan pada motherboard yang dapat menerima adapter card. Adapter card merupakan papan sirkuit yang meningkatkan fungsi—fungsi dari komponen satu ke komponen dan/atau menyediakan koneksi ke pariferal seperti modem, disk drive, printer, pemindai, atau keyboard

 










Port dan Konektor
Port adalah titik dimana pariferal menempel atau berkomunikasi dengan komputer  sehingga pariferal dapat mengirim data atau menerima informasi dari komputer. Port serial (serial port) yang mengirimkan data satu bit demi satu bit biasanya menghubungkan perangkat—perangkat yang tidak memerlukan transmisi data yang cepat, seperti mouse, keyboad, dan modem. Port pararel (parallel port) yang mengirim lebih dari satu bit dalam satu waktu, biasanya menghubungkan printer ke komputer. Port USB (USB Port) dapat menghubungkan sampai 127 periferal yang berbeda dengan sebuah konektor. Prot fire Wire (Fire Wire Port) dapat menghubungkan berbagai jenis perangkat yang membutuhkan kecepatan transmisi data yang lebih cepat. Empat port khusus adalah MIDI, SCSI, IrDA, dan bluetooth. Port MIDI (MIDI Port) menghubungkan komputer dengan instrumen musik. Port SCSI (SCSI port) menghubungkan komputer dengan feriferal SCSI, seperti disk drive. Port IrDA (IrDA port) dan teknologi bluetooth memungkinkan perangkat—perangkat nirkabel untuk nmengirim sinyal ke komputer melalui gelombang cahaya infra merah atau gelombang radio.








 
Bus
      Bus adalah jalur elektronik di mana bit—bit bergerak dalam sirkuit dalam komputer memungkinkan perangkat—perangkat, baik di dalam dan yang menempel pada komputer, untuk berkomunikasi. Ukuram bus disebut lebar bus, semakin besar lebar bus semakin cepat komputer memindahkan data.
 
Input dan Output
Input
Input adalah semua data data dan perintah yang dimasukan kedalam komputer. Sebuah perangkat input (input device) adalah komponen peranti keras yang memungkinkan pengguna memasukan data dan perintah ke dalam  komputer.

1.      Keyboard dan Perangkat Penunjuk
a.       Keyboard
Keyboard adalah perangkat input yang yang berisi tombol—tombol yang ditekan penggunanya untuk memasukan data dan perintah ke komputer. Keyboard komputer memiliki bidang ketik yang menyertakan huruf—huruf, angka, tanda—tanda baca serta simbol—simbol dasar lainnya.








 
b      Alat Penunjuk
·         Mause adalah sebuag perangkat yang dapat dipegang dengan nyaman.
·  Trackball adalah perangkat petunjuk tidak bergerak dengan bola yang Anda putar untuk menggerakan petunjuk tersebut.
·      Tauchpad adalah sebuah bidang datar yang pekah terhadap tekanan dan cara penggunaannya adalah dengan menggeserkan ujung jari untuk menggerakan petunjuk.
·      Pointing stick adalah sebuah perangkat petunjuk yang di tempatkan pada sebuah keyboard  dan didong untuk menggerakannya.
·     Joystick adalah tuas vertikal yang Anda gerakan untuk mengendalikan kendaraan yang disimulasikan.
·         Wheel adalah perangkat input berjenis roda kemudian diputar untuk melakukan simulasi menyetir kendaraan.
·        Control pad pemutar auydio adalah perangkat penunjuk yang memungkinkan pengguna mencari dan memutar musik, menyesuaikan volume, dan melakukan pengaturan.
·         Gamepad (controller) adalah perangkat ppenunjuk yang mengendelakan gerakan dan tindakan dari para pemain atau objek dalam permainan.
·         Light pen adalah perangkat pekah terhadap cahaya yang ditekan pada permukaan layar  atau pada layar untuk memilih objek.
·         Layar sentuh (tauch screen) adalah perangkat yang pekah terhadap sentuhan.
·         Stylus dan digitak pen menggunakan tekanan untuk menulis teks dan menarik garis.

Add caption


Add caption













































 
Jenis—Jenis Input lainnya

·  Input suara (voice input) adalah proses melakukan input dengan berbicara
- Kamera digital (digital camera) memungkinkan penggunanya mengambil gambar, menympan gambar tersebut secara digita, dan mengunduh ganbar ke hard disk komputer.
- Input video (video input) dalah proses pengambilan ganbar bergerak dan penyimpanannya pada media komputer
- Kamera video digital (digital video—DV—camera), kamera video PC (PC video camera) dan webcam digunakan untuk input video.
- Pemindai (scener) adalah perangkat input yang pekah cahaya yang membaca teks dan grafis cetakan serta menerjemahkan hasilnya kedalam bentuk yang dapat diproses komputer.
Perangkat karaktek optik (optical carakter recognition—OCR) menggunakan sebuah pemindai optik dan peranti lunak untuk menganalisis karakter dari doikumen biasa.
- Peralatan pengenalan tanda optik (optical mark reconigtion—OMR) membaca tanda—tanda yang digambar dengan tanda pada formulir.
- Pembaca bar kode (bar code reader) menggunakan sinar laser untun membaca bar code.
- Pembaca RFID (RFID readder) membaca informasi yang tersimpan pada label yang melalui gelombang radio.
- Pembaca MICR—MICR reader (pengenalan karakter tinta mengetik) membaca teks yang dicetak dengan tinta mengetik
Terminal terdiri atas keyboard, monitor, video card, dan memori, dan sering digunakan untuk menjalankan tugas spesifik bagi industri tertentu.
- Biometrik (biometrics) adalah teknologi otentikasi identitas seseorang dengan pembuktian karakteristik fisik tertentu, contohnya sidik jari, tanda tangan.

·         
·         









Perangkat Output (output device)
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya, komputer memproses data (input) menjadi informasi (output). Perangkat output (output device) adalah semua komponen peranti keras yang mempunyai informasi kepada orang—orang. Perangkat output yang sering digunakan adalah perangkat tampilan: printer, pengeras suara, headphone dan earphone; mesin fax dan modem; pariferal fungi; serta proyektor data.
Perangkat Tampilan
Perangkat Tampilan (display device) adalah perangkat output yang menyampaikan informasi teks, grafis, dan video secara visual. Komputer menggunakan sebuah monitor sebagai perangkat tampilannya.
Jenis—jenis monitor
1.      Monitor LCD (LCD monitor) atau layar datar adalah sebuah perangkat tampilan yang menggunakan teknologi liquid display, senyawa cair untuk menampilkan informasi pada layar.
2.      Monitor plasma (plasma monitor) adalah sebuah perangkat tampilan yang menggunakan teknologi plasma gas, dimna suatu lapisan plasma diapit oleh dua piringan kaca.
3.      Monitor CRT (CRT monitor) adalah perangkat tampilan dekstop yang berisi tabung sinar katoda.
Printer
Printer adalah perangkat output yang menghasilkan teks dan grafis pada sebua media fisik, seperti kertas atau film transparansi.
Jenis—jenis printer
1.      Printer tanpa sentuh (nonimpact printer) membentuk karakter dan gambar tanpa menyentuh kertas.
2.      Printer ink—jek (ink—jet printer) membentuk karakter dan gambar dan menyemprotkan butir—butir tintah yamng sangat kecil ke lembar kertas.
3.      Printer foto (photo printer) menghasilkan gambar yang berkualitas laboratorium foto.
4. Printer laser (laser printer) adalah printer yang berkecapatan dan berkualitas tinggi yang cara pengoperasiannya mirip dengan fotokopi.
5.   Printer termal (thermal printer) menghasilkan ganbar dengan mendorong jarum yang dipanaskan secara elektrik keatas kertas yang pekah terhadap panas.
6.   Printer mobile (mobile printer) adalah printer kecil, ringan, dan bertenaga baterai, yang digunakan untuk mencetak dari komputer notebook, tablet PC, PDA, atau smart phone. Ploter digunakan untuk meng            hasilkan gambar yang berkualitas tinggi dalam bidang—bidang tertentu.
7.  Printer format besar (large-format printer) menciptakan cetakan warna yang berukuran besar dan berkualitas foto yang berkualitas foto dan realitas.
8.    Printer sentuh ( inpact printer) membentuk karakter gambar dengan membentuk  sebuah alat pada pita berinta secaara fisik bersentuhan dengan kertas.
9.  Printer dot-matrix (dot-matrix printer) adalah printer sentuh yang menghasilakan gambar ketika jarum—jarum kawat yanfg sangat kecil pada sebuah print head membentur pita bertinta.






0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews